Monday, January 9, 2012

Kesimpulan Makalah "BAHASA & GAYA BAHASA AL-QUR’AN"

Al-Qur’an merupakan salah satu cabang dari Aqidah Islam, yaitu rukun Iman yang ketiga. Al-Qur’an memuat wahyu Allah SWT yang diturunkan (awalnya) di bulan yang paling mulia melalui perantara malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW (yang berfungsi sebagai bukti kenabiannya) dengan menggunakan bahasa Arab, sebagai pedoman hukum bagi seluruh umat manusia.

Al-Qur’an sebagai wahyu Allah bersifat dalil ‘aqli karena al-Quran dapat dibuktikan kebenarannya dari segi ketinggian bahasa (al-Qur’an) dan isi yang dikandungnya, menunjukan suatu mukjizat yang paling tinggi yang tidak bisa dipungkiri atau diselewengkan oleh siapapun. Tantangan untuk menandingi yang serupa dengan al-Qur’an termaktub dalam surat al-Isra (17) ayat 88, namun hasilnya tidak ada yang sanggup menjawab tantangan tersebut. Hal ini dikarenakan Al-Qur’an teruji memiliki gaya bahasa (uslub) yang tinggi, ungkapan kata (fashahah) yang jelas, dan kefasihan lidah (balaghah) yang dapat berpengaruh terhadap jiwa pembacanya.

Aspek balaghah (kefasihan lidah) karena pengucapannya dilafalkan dari tempat bunyinya (makharijul Huruf) yang tidak akan tercampur dan terulang karena tekanan suara, dengan suara yang indah dikarenakan adanya panjang pendek dalam pelafalan bahasa (ilmu tajwid). Bahasa Al-Qur’an memiliki ungkapan kata dengan makna yang jelas, berisi hukum (nash) syara’ dengan gaya bahasa yang kaya variasi (diantaranya gaya perdebatan, gaya bahasa perumpamaan, gaya sumpah, dan gaya berkisah).

Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab untuk mempermudah memahaminya, hal ini terhimpun dalam surat Maryam ayat 97, az-Zukhruf ayat 3, dan Yûsuf ayat 3. Keistimewaan bahasa Arab dibandingkan bahasa yang lainnya, karena bahasa Arab memenuhi karakteristik al-Qur’an. Ciri khas bahasa Arab karena bahasa ini paling banyak memiliki kosa kata (banyak sinonim), memiliki makna yang sedemikian padat yang hanya terhimpun dalam satu kata dan yang hanya terdiri dari dua atau tiga huruf (ebuah ungkapan kata dalam bahasa Arab, mampu memberikan penjelasan yang sangat luas dan mendalam), serta bentuk-bentuk katanya mempunyai tasrif (konjungsi), yang amat luas dalam satu kata mampu berubah hingga mencapai 3000 bentuk.

Dari beberapa uraian di atas, terbukti bahwa al-Qur’an adalah satu-satunya kitab yang paling sempurna dan paling mulia di muka bumi, dengan mukjizat dilihat dari sisi tata bahasa al-Qur’an dan isi kandungannya. Bahasa al-Qur’an dinyatakan dalam ayat Allah SWT menggunakan bahasa Arab, bahasa yang paling sempurna dan tidak tertandingi.

0 comments: